Dalam rangka mempersiapkan pengurus OSIS dan Dewan Penggalang (DP) periode 2019/2020 yang akan menggantikan pengurus OSIS periode sebelumnya, tim kesiswaan SMP Maria Assumpta bekerjasama dengan pembina OSIS dan Tim Pembina Pramuka melaksanakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, 21 dan 22 September 2019 di SMP Maria Assumpta.

LDK kali ini diikuti oleh calon pengurus OSIS dan anggota Dewan Penggalang (DP) Pramuka yang seluruhnya diikuti oleh 38 siswa kelas 7 dan 8 SMP Maria Assumpta yang ikut menjadi pengurus OSIS dan Dewan Penggalang. Siswa-siswi yang mengikuti LDK merupakan siswa-siswi yang telah lolos mengikuti seleksi pengurus OSIS dan seleksi anggota Dewan Penggalang (Anggota DP khusus siswa kelas 8).

Kegiatan LDK ini memiliki tujuan untuk memberikan bekal bagi para pengurus OSIS dan anggota Dewan Penggalang (DP) agar mereka semakin menghayati tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin dan pengurus organisasi. Sebagai “Sekolah Pemimpin Masa Depan”, SMP Maria Assumpta mempersiapkan siswa pengurus OSIS dan DP untuk memiliki jiwa kepemimpinan agar di masa depan, mereka bisa mengamalkan pengalaman dan pelajaran yang didapat melalui kegiatan OSIS atau DP dengan baik di jenjang kehidupan selanjutnya.

Kegiatan LDK ini diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh antusias. Seluruh rangkaian kegiatan LDK dipersiapkan oleh Pak Singgih dan bu Angel selaku pembina OSIS dan BU Tina selaku pembina Pramuka. Pada hari pertama diisi materi mengenai struktur organisasi OSIS dan manajemen organisasi OSIS oleh Pak Herry Suseno dan mengenai kepemimpiman oleh pak Dwi Jaka Pratopo. Selanjutnya Sesi hari kedua diisi oleh Sr. Theresia Martini OSU yang membawakan materi Spiritualitas dan Semangat Santa Angela. Selanjutnya Bapak Nunu Darmawan membawakan materi “The Leader in Me“. Sesi selanjutnya adalah ibu Tina yang memberikan materi mengenai “Siapakah Aku ?” dan sesi terakhir dari LDK adalah Outbond yang dipandu oleh ibu Yunita Widyastuti dan Ibu Lidia Asti Setyawati.

Kegiatan LDK selama 2 hari ini akhirnya ditutup oleh Sr. Theresia Martini OSU selaku kepala sekolah. Dalam motivasinya, Suster There memberikan pemantapan untuk anak-anak yang akan mengemban tugas sebagai pengurus OSIS dan anggota DP yang baru supaya tetap semangat, bisa menjadi teladan untuk teman-temannya, dan selalu setiap akan tugas dan tanggung jawabnya. Terutama menjadi “Servant Leader” yang jujur, cerdas, dan mandiri.