(0272) 321936 [email protected]

Jeda IL adalah kegiatan yang diadakan setelah kegiatan pembelajaran Integrated Learning. Sebelum memasuki kegiatan jeda IL ini, para siswa telah melewati kegiatan pembelajaran Integrated Learning yang dimulai dengan tahapan literasi kemudian dilanjutkan dengan tahap perencanaan dan produksi lalu disambung dengan tahapan komunikasi serta terakhir tahapan refleksi dan revisi, kemudian setelah semua tahapan itu selesai dilakukan maka akan dilanjutkan dengan kegiatan jeda IL yang biasa dilakukan selama 4 hari. Kegiatan Jeda IL bertujuan untuk memberikan waktu refreshing kepada siswa serta membentuk karakter bagi mereka yang sesuai dengan “Nilai Pendidikan Ursulin”.

Pada tanggal 4-7 April 2022, dilaksanakannya kegiatan jeda IL yang ke-6. Di kegiatan jeda IL ini, OSIS diberikan kesempatan untuk ikut lagi meramaikan kegiatannya. Tetapi kegiatan yang dibuat oleh pengurus OSIS hanya dilaksanakan 2 hari, yaitu pada tanggal 4 dan 5 April 2022. Sebelum itu, para pengurus OSIS mengadakan rapat di tanggal 29 Maret 2022, 2 April 2022 dan 4 April 2022 untuk membahas kegiatan apa yang akan dilakukan oleh para siswa saat jeda il tersebut. Setelah selesai diadakannya rapat OSIS pada tanggal 29 Maret dan 2 April, kemudian dihasilkan keputusan sebagai berikut :
a. Pada tanggal 4 April 2022

  • Hunting Telur
  • Truth or Dare/Do you love me?
    b. Pada tanggal 5 April 2022
  • Hunting Peta
    Lalu rapat di tanggal 4 April 2022 hanya mengulangi dan mempersiapkan lebih matang lagi mengenai kegiatan jeda IL hari ke 2.

Kegiatan jeda IL hari pertama ditujukan untuk siswa yang masuk di sesi pertama yaitu siswa yang memiliki nomor absen kecil. Kegiatan ini dimulai dari pembagian kelompok oleh pengurus OSIS melalui kertas yang digulung-gulung dan berisikan nama kelompok. Kemudian para siswa diarahkan untuk berkumpul di lapangan dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya. Di jeda IL ini semua siswa bercampur dari kelas 7 dan kelas 8. Untuk kelas 9 di jeda IL kali ini tidak ikut karena sedang mengikuti ujian praktik. Lalu setelah berkumpul dengan kelompoknya, pengurus OSIS khususnya ketua OSIS menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan siswa diarahkan untuk menuju ke pos yang sudah ditentukan untuk mencari telur yang disembunyikan.

Suasana kegiatan jeda IL di hari pertama sangat seru walaupun mereka semua mengeluh bingung dan menyerah mencari telur di berbagai pos yang ada. Pos-pos yang mereka datangi untuk mencari telur dan hint selanjutnya antara lain:

  1. Pos Wastafel dengan hint integrity
  2. Pos Pohon beringin dengan hint rimbun
  3. Pos Taman TK dengan hint warna warni
  4. Pos Hall depan perpustakaan SMP dengan hint bergema
  5. Pos Lab IPA dengan hint Bu Yustina dan Pak Nunu
  6. Pos Dapur dengan hint kompor gas
  7. Pos Gudang dengan hint rumah dalam sekolah
    Selesai dengan kegiatan hunting telur ini, para siswa diberikan waktu beristirahat untuk minum dan makan. Kemudian kegiatan jeda IL ini dilanjutkan dengan permainan truth or dare atau do you love me?. Di permainan ini siswa berkumpul bersama dengan kelompok yang sama dan didampingi oleh 2 pengurus OSIS untuk memainkan salah satu dari 2 game tersebut. Selesai dengan permainan tersebut pada pukul 09.55 siswa berkumpul untuk berdoa dan kemudian pulang.

Selanjutnya kegiatan jeda IL hari kedua ditujukan untuk siswa yang masuk di sesi kedua yaitu siswa yang memiliki nomor absen besar. Kegiatan ini dimulai dari pembagian kelompok oleh pengurus OSIS melalui kertas yang digulung-gulung dan berisikan nama kelompok. Kemudian para siswa diarahkan untuk berkumpul di lapangan dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya. Setelah itu pengurus OSIS khususnya ketua OSIS menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan para siswa diarahkan untuk berkumpul bersama dengan kelompoknya didampingi 1 pengurus OSIS untuk menentukan ketua serta yel-yel kelompok. Setelah itu masing-masing kelompok beserta pendamping menuju ke pos yang sudah ditentukan untuk mendapatkan potongan peta yang diakhir nanti akan disusun dan menghasilkan satu peta yang berisi penunjuk harta karun.

Pos-pos yang didatangi ada 4 yaitu :

  1. Pos Kantin dengan hint meja terbalik
  2. Pos Parkiran dengan hint luas dan brum-Brum
  3. Pos TK dengan hint warna warni
  4. Pos Pohon beringin dengan hint kunti
    Di setiap pos tersebut akan diminta untuk menunjukkan yel-yel kelompok serta ada beberapa pertanyaan atau kuis yang akan ditanyakan kepada masing-masing kelompok dan yang mendapat poin atau yang bisa menjawab kuis lebih banyak akan mendapatkan potongan peta dan hint selanjutnya, yang tidak menang dalam kuis akan mendapatkan hint selanjutnya saja. Selesai mereka menyelesaikan kuis dan mendapat potongan peta, penjaga pos akan menandatangani kertas yang dikalungkan atau dibawa oleh ketua kelompok, hal ini menunjukkan bahwa setiap kelompok sudah melewati pos ini. Masing-masing kelompok hanya mendatangi 3 pos saja yaitu pos kantin, pos parkiran dan pos TK lalu semua siswa diberikan waktu beristirahat untuk makan dan minum.

Kemudian setelah waktu istirahat habis semua siswa berkumpul bersama lagi di lapangan dan berkumpul sesuai kelompoknya untuk melanjutkan mencari potongan peta terakhir yang berada di pos 4 yaitu pohon beringin. Sebelum mereka mendapat potongan peta yang terakhir, akan ada pertanyaan atau kuis juga yang menyertainya. Setelah mereka semua mendapat potongan peta, semua berlomba-lomba untuk mencari harta karun yang ditunjukkan di dalam peta tersebut. Semua kelompok mencari dengan berpencar dan kemudian ada 1 kelompok yang menemukan harta karunnya. Harta karun tersebut berupa teh pucuk untuk masing-masing anggota kelompok. Selesai menemukan harta karunnya, semua siswa diarahkan menuju lapangan untuk berdoa dan kemudian diarahkan untuk pulang.

Selesai kegiatan jeda IL di hari yang pertama maupun kedua diadakannya evaluasi oleh ketua OSIS yang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan yang ada dan menjadikannya pelajaran untuk di jeda IL berikutnya. Kegiatan jeda IL juga mengangkat tema yang sesuai dengan nilai dasar pendidikan ursulin yaitu totalitas dan persatuan, jadi para siswa diajak dan diarahkan untuk membentuk karakter yang sesuai dengan nilai totalitas dan persatuan dalam mengikuti dan melakukan kegiatan-kegiatan di jeda IL yang ke-6 ini. Nilai totalitas dan persatuan ditunjukkan pada siswa yang bersama-sama dengan kelompok bekerja sama untuk mencari telur/peta dalam permainan ini.