(0272) 321936 [email protected]

Selama dua hari, Rabu dan Kamis, 3 dan 4 Agustus 2022, Bapak Indra Charismiadji hadir di kampus Maria Assumpta Klaten untuk mendampingi bapak ibu guru bagaimana mengelola pembelajaran terintegrasi (IL). Sebagaimana prinsip pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, bahwa pembelajaran harus berorientasi pada masa depan peserta didik, sehingga sudah menjadi kewajiban bapak ibu untuk menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan. Saat ini kita berada di era 4.0, era informasi, namun peserta didik di masa produktf nanti akan hidup di masa society 5.0. Tatanan kehidupan yang lebih kompleks, terintegrasi, hidup berdampingan dengan kecerdasan buatan, dan tak terbatas lagi antara ruang dan waktu.

Di hari pertama, pak Indra bersama bapak ibu guru SMP Maria Assumpta dan SMP Yuwati Bhakti Sukabumi belajar mengenai IL serta tujuan mengapa pembelajaran harus mengadopsi IL. Bagaimana desain pembelajaran bisa mendorong peserta didik untuk kreatif, bisa berkolaborasi dengan orang lain, serta meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.

Revolusi pembelajaran menjadi hal yang perlu dilakukan agar di masa pasca pandemi ini, proses pembelajaran bisa berubah, lebih mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan peserta didik untuk menyiapkan masa depannya. Selanjutnya, di dalam pembelajaran juga diperlukan yang namanya diferensiasi, sehingga anak dengan kemampuan tinggi bisa lebih diperkaya lagi, dimaksimalkan, sedangkan anak yang butuh pendampingan, juga tidak merasa dibiarkan, namun diberikan pendampingan oleh guru sebagai fasilitator. Bapak ibu guru berlatih dan merasakan sendiri bagaimana pembelajaran berbasis projek dan kelebihan-kelebihan yang dirasakan.

Hari kedua, giliran guru SMP dan SD Maria Assumpta yang belajar bersama pak Indra Charismiadji. Hari kedua ini lebih dikhususkan mengenai bagaimana teknis pelaksanaan IL di sekolah setelah mendengarkan sharing dari perwakilan guru SMP dan SD mengenai pembelajaran yang sudah dilakukan. Setelah itu, mereka membuat proposal IL yang sesuai dengan prinsip IL, dengan tema yang menarik serta mewadahi kompetensi yang harus dikuasai peserta didik dalam KD-KD yang ditentukan.