berfoto bersama sebelum berangkat ziarah

Sebagai penutup bulan Rosario tahun 2018 ini, SMP Maria Assumpta mengadakan ziarah dan kunjungan ke Yogyakarta. Pukul 06.30, diawali dengan doa bersama mohon keselamatan dan kelancaran perjalanan di depan patung Santa Angela, rombongan berangkat menuju tempat Doa Ganjuran. Pukul 06.45 rombongan yang terdiri dari 5 bus berangkat menuju Bantul, DIY.

Pukul 08.00 rombongan tiba di taman doa Ganjuran, kemudian melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan doa jalan salib, doa rosario dengan ujub kesuksesan PAS (Penilaian Akhir Semester), UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan juga PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun ajaran 2019/2020. Setelah doa Rosario selesai, rombongan melihat-lihat lokasi gereja dan ruang devosi. Setelah kegiatan rohani selesai, sebelum pulang, rombongan diberi waktu untuk berbelanja barang-barang yang berkaitan dengan perlengkapan doa di ā€œstoreā€.

Doa Rosario di depan Patung Yesus di Ganjuran

Pukul 10.00, rombongan bergerak menuju ke keraton Yogyakarta. Pukul 11.00 rombongan tiba di lokasi parkir di selatan Taman Pintar Yogyakarta. Dari lokasi parkir bus, rombongan berjalan kaki menuju keraton Yogyakarta. Di area keraton Yogyakarta, siswa-siswi SMP Maria Assumpta didampingi oleh pemandu (guide) yang dengan sabar menjelaskan mengenai diorama atau barang-barang peninggalan keluarga kerajaan Yogyakarta, terutama yang banyak dipajang adalah barang peninggalan Sri Sultan Hamengu Buwono IX. Setelah selesai berkeliling di area keraton, rombongan melakukan santap siang terlebih dahulu.

 

belajar sejarah kesultanan Yogyakarta di keraton Yogyakarta

Pukul 13.00, rombongan diberi kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh di Malioboro. Rombongan menggunakan waktu ini untuk berjalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro. Ada yang sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan aneka lapak di sepanjang jalan, ada juga yang berburu cinderamata khas Jogja untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Pukul 15.30, rombongan sudah berkumpul semua di bus, kemudian bergerak pulang kembali ke Klaten. Dalam perjalanan, rombongan mampir di pusat oleh-oleh di Kalasan. Pukul 17.00, rombongan tiba kembali di Klaten.